#1Day1Ayat : The Alchemist

Sunday, June 19, 2016 0 Comments A + a -

Menurut Wikipedia, Hijrah (bahasa Arab: Ù‡ِجْرَØ©) adalah perpindahan/migrasi dari Nabi Muhammad dan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada bulan Juni tahun 622.


Roy Biruni
"Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S An-Nahl : 110)
 
Baca Punya Ukhti Fira :


Ga terasa sudah 14 hari kolab bareng Ukhti Fira dan Royhan. Sejauh ini aku masih sering telat posting gtu. Maapkeun yaaa :D Tapi alhamdulillah aku bangga banget udah dua minggu bisa konsisten nulis satu hari satu postingan ini. Ini adalah satu pencapaian besar yang harus disyukuri mengingat aku selama ini orangnya sulit konsisten kalau ga ada orang-orang yang bantu dukung. Jadi terimakasih sekali untuk ukhti fira dan roy :)

Ngomongin soal hijrah aku jadi teringat salah satu novel fiksi yang worth it banget karya Paulo Coelho. Judulnya The Alchemist. Aku baca yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Dan itu juga pinjam ke perpustakaan :") 

Awalnya aku ga tertarik sama sekali dengan novel ini, tapi seperti biasa kalau aku lagi sakit dan ga bisa bergerak kemana-mana, teman setia ya tinggal buku karena main hp malah bikin makin pusing dan akhirnya Sang Alkemis yang ga menarik dilahap juga. 

Emang The Alchemist tuh nyeritain apa sih ul?

Nih wikipedia bantu jawab..
"Kisah ini menceritakan perjalanan seorang gembala dalam mencari harta karun di mana harta karun tersebut muncul dalam mimpinya. Banyak cerita simbolis yang berkaitan dengan Alkitab dan agama Kristen.
“Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita?” tanya si bocah, ketika mereka mendirikan tenda pada hari itu.
“Sebab, dimana hatimu berada, di situlah hartamu berada.”
Demikian selintas percakapan antara sang alkemis dan Santiago, gembala yang mengikuti suara hatinya dan berkelana mengejar mimpinya. Perjalanan tersebut membawanya ke Tangier serta padang gurun Mesir, dan di sanalah dia bertemu sang alkemis yang menuntunnya menuju harta karunnya, serta mengajarinya tentang Jiwa Buana, cinta, kesabaran, dan kegigihan.
Perjalanan itu pulalah yang membawanya menemukan cinta sejatinya: Fatima, gadis gurun yang setia menanti kepulangannya.
Sang Alkemis telah menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di dunia. Kisah sederhana yang indah dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang."


Nah aku setuju banget kalo buku ini ngasih inspirasi bagi banyak orang, karena banyak kutipan-kutipan yang kayaknya "duh gue banget" gitu. 
Salah satu quote yang aku suka adalah 

"Kalau seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seisi jagat raya bahu-membahu membantu orang itu mewujudkan impiannya."

Meskipun dibuku ini sering diucap nama Allah, nyatanya buku ini lekat banget sama agama Kristen. Jadi, ya jangan salah paham ya. Gapapa ko baca buku yang bergenre seeprti itu kalau kita bisa memfilternya dan tidak merubah keyakinan kita. Mudah-mudah hal itu justru membuat pandangan dan pikiran kita menjadi luas. 

Jadi kejarlah terus mimpi-mimpimu walau kau harus hijrah, pergi juah hingga sengsara. Tapi ingatlah bahwa Allah tidak akan pernah meninggalkanmu.  


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is