#1Day1Ayat : Bukan Pecinta Gosip

Monday, June 27, 2016 0 Comments A + a -

Roy's Artwork
Aku udah jarang banget buka facebook. Dan aku baru aktif di facebook lagi karena aku mulai share postingan blog aku akhir-akhir ini. Dari mulai aktifnya aku di facebook aku juga jadi ketemu senior aku dari Students Tel-U yang sama-sama jurnalis. Kita sering sharing bareng gitu, karena beliau orangnya kritis. Dia kenal aku kayaknya gara-gara postingan ini
 Katakanlah: "Kamu tidak akan ditanya (bertanggung jawab) tentang dosa yang kami perbuat dan kami tidak akan ditanya (pula) tentang apa yang kamu perbuat".

Baca Punya Ukhti Fira:

Ga lama dari itu, dia jadi sering muncul di beranda aku dan muncullah aktivitas dia dalam sebuah game. Dan aku tergiur untuk mengikutinya. Lol. Tapi ternyata game itu cuma scaning profile kita aja dan hasilnya adalah......



Hahahaahahah ga penting banget ya hidup aku ngeshare kayak gini. Tapi ya berhubung ayat hari ini dipilih berdasarkan Ukhti Fira perihatin sama orang yang suka ngerusuin orang lain dan jadi mulai menggosip ria, aku jadi inget punya kayak ginian :") 

Kalau dipikir-pikir iya juga. Aku orang yang ga pedulian banget sama yang namanya gosip. Bahkan aku termasuk orang yang cuek banget sama temen. Saking ga pekanya. Iya aneh ya. Makanya jangan pacaran sama aku, seringnya dianggurin loh. Coba deh tanyaa sama... gimana rasanya deket sama aku :") 

Aku cuma ngenotice hal-hal yang aku anggap penting aja. Hal yang penting menurut aku sendiri juga adalah hal-hal yang bisa memberi manfaat buat sekitarnya atau proyek-proyek kreatif gitu atau diskusi tentang pengalaman temen-temen yang hebat. Yang kayak gitu aku pasti waro deh. Tapi dibalik cerita ketidaksempurnaan orang yang aku ajak bicara, aku jarang banget urusin. Aku dengarkan karena itu adalah sebuah pelajaran tapi aku gamau ngubah hidup dia bahkan nuntut dia untuk ini itu. 

Aku pernah nyobain untuk mencoba membuka pandangan temen aku tentang ibadahnya yang mulai ga karuan, karena hubungan keluarganya lagi retak, kacau balau. Aku coba kasih beberapa pandangan dengan niat dia bisa kembali jalan yang benar "versi aku". Tapi guys, hari ini orang-orang tuh udah ga lagi bodoh yang minim informasi. Dia tau banyak hal soal agama, tapi ya itu pilihan dia aja gamau kembali. Dia tau apa yang dia lakukan salah. Dia tau itu. Dan dia menerima masukan dan ajakanku. Tapi aku ga bisa nuntut dia berubah. Karena berubah adalah pilihannya. Kita cuma berhak menyampaikan, itu pula ada adabnya. 

"Ih parah banget dong ul, lu udah tau temen lu dosa tapi lu biarin aja. Dakwahin dong!"
Terus dengan kita menjadi temen yang nyebelin, ngomong terus, ngajak-ngajak terus tanpa mentingin perasaan dia, apakah dakwah kita bisa diterima sob? Ya enggaklah. 

Kalau ustad Nouman bilang, dakwah itu bukan nuntut perubahan dari dia, tapi gerakan hati dia. Contohnya gini ;

Jangan bilang "Eh apa yang lu lakuin tuh salah, gua jamin lu pasti masuk neraka deh. Susah banget ya gua kasih tau tuh! Yang lu lakuin tuh salah."

Akan berbeda kalau kita ngajak gini "Sob, gua khawatir nih kalau lo terus-terusan ngelakuin hal kayak gini, cobain deh kalau lo kayak gini gimana (ajakin dia nyobain hijab kita tapi dibuat cantik dan stylish)?"

Kita jangan soksokan. Inget deh dulu kita juga pasti pernah khilaf. Tapi ingat juga bagaimana Allah membalikan hati kita, meyakinkan hati kita ke jalan yang lurus, apa dengan sebegitu kasarnya? Langsung menutup pintu-pintu kesempatan tobat? Menutup pintu surga rapat-rapat dan membuka pintu neraka lebar-lebar? engga kan? Allah Rahman- Rahiim. Pelan-pelan penuh kasih sayang. Meski memang ada saatnya kita untuk tegas, tapi yaa perlahanlah. Kita ga akan Allah bebani untuk bertanggung jawab dosa yang dia perbuat kok. Karena kita juga masih harus memikirkan bagaimana dosa yang sedang kita pikul.



Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is